Disusun
oleh :
A.
Kisah Nabi Ismail
Nabi
Ibrahim yang berhijrah meninggalkan Mesir bersama Sarah, isterinya dan Hajar, dayangnya di tempat
tujuannya di Palestina. Ia telah membawa pindah juga semua hewan ternaknya dan
harta miliknya yang telah diperolehnya sebagai hasil usaha dagangnya di Mesir.
Al-Bukhari meriwayatkan daripada Ibnu Abbas r.a. berkata:
"Pertama-tama yang
menggunakan setagi {setagen} ialah Hajar ibu Nabi Ismail tujuan untuk
menyembunyikan kandungannya dari Siti Sarah yang telah lama berkumpul dengan
Nabi Ibrahim a.s. tetapi belum juga hamil. Tetapi walaubagaimana pun juga akhirnya
terbukalah rahsia yang disembunyikan itu dengan lahirnya Nabi Ismail a.s. Dan
sebagai lazimnya seorang isteri sebagai Siti Sarah merasa telah dikalahkan oleh
Siti Hajar sebagai seorang dayangnya yang diberikan kepada Nabi Ibrahim a.s.
Dan sejak itulah Siti Sarah merasakan bahawa Nabi Ibrahim a.s. lebih banyak
mendekati Hajar kerana merasa sangat gembira dengan puteranya yang tunggal dan
pertama itu, hal ini yang menyebabkan permulaan ada keratakan dalam rumahtangga
Nabi Ibrahim a.s. sehingga Siti Sarah merasa tidak tahan hati jika melihat Siti
Hajar dan minta pada Nabi Ibrahim a.s. supaya menjauhkannya dari matanya dan
menempatkannya di lain tempat."
Untuk
sesuatu hikmah yang belum diketahui dan disadari oleh Nabi Ibrahim Allah s.w.t.
mewahyukan kepadanya agar keinginan dan permintaan Sarah isterinya dipenuhi dan
dijauhkanlah Ismail bersama Hajar ibunya dan Sarah ke suatu tempat di mana yang
ia akan tuju dan di mana Ismail puteranya bersama ibunya akan ditempatkan dan
kepada siapa akan ditinggalkan.
Maka
dengan tawakkal kepada Allah berangkatlah Nabi Ibrahim meninggalkan rumah membawa
Hajar dan Ismail yang diboncengkan di atas untanya tanpa tempat tujuan yang tertentu. Ia hanya berserah
diri kepada Allah yang akan memberi arah kepada binatang tunggangannya. Dan
berjalanlah unta Nabi Ibrahim dengan tiga hamba Allah yang berada di atas
punggungnya keluar kota masuk ke lautan pasir dan padang terbuka di mana terik matahari dengan pedihnya menyengat tubuh dan angin yang kencang
menghembur-hamburkan debu-debu pasir.
1
1. Ismail dan Ibunya Hajar
Ditinggalkan di Makkah
Setelah berminggu-minggu berada dalam
perjalanan jauh yang memenatkan, tibalah pada akhirnya Nabi Ibrahim bersama
Ismail dan ibunya di Makkah kota suci dimana Kaabah didirikan dan menjadi pujaan manusia dari seluruh dunia. Di
tempat di mana Masjidil Haram sekarang berada, berhentilah unta Nabi Ibrahim
mengakhiri perjalanannya dan di situlah ia meninggalkan Hajar bersama puteranya
dengan hanya dibekali dengan serantang bekal makanan dan minuman sedangkan
keadaan sekitarnya tiada tumbuh-tumbuhan, tiada air mengalir, yang terlihat
hanyalah batu dan pasir kering. Alangkah sedih dan cemasnya Hajar ketika akan
ditinggalkan oleh Ibrahim seorang diri bersama dengan anaknya yang masih kecil
di tempat yang sunyi senyap dari segala-galanya kecuali batu gunung dan pasir.
Ia seraya merintih dan menangis, memegang kuat-kuat baju Nabi Ibrahim memohon belas
kasihnya, janganlah ia ditinggalkan seorang diri di tempat yang kosong itu,
tiada seorang manusia, tiada seekor binatang, tiada pohon dan tidak terlihat
pula air mengalir, sedangkan ia masih menanggung beban mengasuh anak yang kecil
yang masih menyusu. Nabi Ibrahim mendengar keluh kesah Hajar merasa tidak
tergamak meninggalkannya seorang diri di tempat itu bersama puteranya yang
sangat disayangi akan tetapi ia sedar bahwa apa yang dilakukan nya itu adalah
kehendak Allah s.w.t. yang tentu mengandungi hikmat yang masih terselubung
baginya dan ia sedar pula bahawa Allah akan melindungi Ismail dan ibunya dalam
tempat pengasingan itu dan segala kesukaran dan penderitaan. Ia berkata kepada
Hajar:
"Bertawakkallah kepada Allah yang telah menentukan kehendak-Nya,
percayalah kepada kekuasaan-Nya dan rahmat-Nya. Dialah yang memerintah aku
membawa kamu ke sini dan Dialah yang akan melindungi mu dan menyertaimu di
tempat yang sunyi ini. Sesungguh kalau bukan perintah dan wahyunya, tidak
sesekali aku tergamak meninggalkan kamu di sini seorang diri bersama puteraku
yang sangat ku cintai ini. Percayalah wahai Hajar bahwa Allah Yang Maha Kuasa
tidak akan melantarkan kamu berdua tanpa perlindungan-Nya. Rahmat dan
barakah-Nya akan tetap turun di atas kamu untuk selamanya, insya-Allah."
2
Mendengar kata-kata Ibrahim itu
segeralah Hajar melepaskan genggamannya pada baju Ibrahim dan dilepaskannyalah
beliau menunggang untanya kembali ke Palestin dengan iringan air mata yang
bercurahan membasahi tubuh Ismail yang sedang menetak. Sedang Nabi Ibrahim pun
tidak dapat menahan air matanya keetika ia turun dari dataran tinggi
meninggalkan Makkah menuju kembali ke Palestin di mana isterinya Sarah sedang
menanti. Ia tidak henti-henti selama dalam perjalanan kembali memohon kepada
Allah perlindungan, rahmat dan barakah serta kurniaan rezeki bagi putera dan
ibunya yang ditinggalkan di tempat terasing itu. Ia berkata dalam doanya:"
Wahai Tuhanku! Aku telah tempatkan puteraku dan anak-anak keturunannya di dekat
rumah-Mu (Baitullahil Haram) di lembah yang sunyi dari tanaman dan manusia agar
mereka mendirikan salat dan beribadat kepada-Mu. Jadikanlah
hati sebahagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari
buah-buahan yang lazat, mudah-mudahan mereka bersyukur kepada-Mu."
2. Mata Air Zamzam
Sepeninggal Nabi Ibrahim tinggallah Hajar dan puteranya di tempat yang terpencil dan sunyi itu. Ia harus menerima nasib yang telah ditakdirkan oleh Allah atas dirinya dengan kesabaran dan keyakinan penuh akan perlindungan-Nya. Bekalan makanan dan minuman yang dibawanya dalam perjalanan pada akhirnya habis dimakan selama beberapa hari sepeninggalan Nabi Ibrahim. Maka mulailah terasa oleh Hajar beratnya beban hidup yang harus ditanggungnya sendiri tanpa bantuan suaminya. Ia masih harus meneteki anaknya, namun air teteknya makin lama makin mengering disebabkan kekurangan makan. Anak yang tidak dapat minuman yang memuaskan dari tetek ibunya mulai menjadi cerewet dan tidak henti-hentinya menangis. Ibunya menjadi panik, bingung dan cemas mendengar tangisan anaknya yang sgt menyayat hati itu. Ia menoleh ke kanan dan ke kiri serta lari ke sana ke sini mencari sesuap makanan atau seteguk air yang dapat meringankan kelaparannya dan meredakan tangisan anaknya, namun sia-sialah usahanya. Ia pergi berlari harwalah menuju bukit Shafa kalau-kalau ia boleh mendapatkan sesuatu yang dapat menolongnya tetapi hanya batu dan pasir yang didapatnya disitu, kemudian dari bukit Shafa ia melihat bayangan air yang mengalir di atas bukit Marwah dan larilah ia berharwahlah ke tempat itu namun ternyata bahawa yang disangkanya air adalha fatamorangana {bayangan} belaka dan kembalilah ke bukit Shafa karena mendengar seakan-akan ada suara yang memanggilnya tetapi gagal dan melesetlah dugaannya.
3
Demikianlah maka kerana dorongan hajat
hidupnya dan hidup anaknya yang sangat disayangi, Hajar mundar-mundir berlari
sampai tujuh kali antara bukit Shafa dan Marwah yang pada akhirnya ia duduk
termenung merasa penat dan hampir berputus asa.
Diriwayatkan
bahawa selagi Hajar berada dalam keadaan tidak berdaya dan hampir berputus asa
kecuali dari rahmat Allah dan pertolongan-Nya datanglah kepadanya malaikat
Jibril bertanya: "Siapakah sebenarnya engkau ini?" "Aku adalah
hamba sahaya Ibrahim", jawab Hajar. "Kepada siapa engkau dititipkan
di sini?" tanya Jibril. "Hanya kepada Allah",jawab Hajar. Lalu
berkata Jibril: "Jika demikian, maka engkau telah dititipkan kepada Dzat
Yang Maha Pemurah Lagi Maha Pengasih, yang akan melindungimu, mencukupi
keperluan hidupmu dan tidak akan mensia-siakan kepercayaan ayah puteramu
kepada-Nya."
Kemudian
diajaklah Hajar mengikutinya pergi ke suatu tempat di mana Jibril menginjakkan
telapak kakinya kuat-kuat di atas tanah dan segeralah memancur dari bekas
telapak kaki itu air yang jernih dengan kuasa Allah. Itulah dia mata air Zamzam yang sehingga kini dianggap keramat oleh jemaah haji, berdesakan sekelilingnya bagi mendapatkan setitik atau
seteguk air daripadanya dan kerana sejarahnya mata air itu disebut orang
"Injakan Jibril".
Alangkah
gembiranya dan lega dada Hajar melihat air yang mancur itu. Segera ia membasahi
bibir puteranya dengan air keramat itu dan segera pula terlihat wajah puteranya
segar kembali, demikian pula wajah si ibu yang merasa sangat bahagia dengan
datangnya mukjizat dari sisi Tuhan yang mengembalikan kesegaran hidup kepadanya
dan kepada puteranya sesudah dibayang-bayangi oleh bayangan mati kelaparan yang
mencekam dada.
Mancurnya
air Zamzam telah menarik burung-burung berterbangan mengelilingi daerah itu
menarik pula perhatian sekelompok bangsa Arab dari suku Jurhum yang merantau dan sedang
berkhemah di sekitar Makkah. Mereka mengetahui dari pengalaman bahawa di mana
ada terlihat burung di udara, nescaya dibawanya terdapat air, maka diutuslah
oleh mereka beberapa orang untuk memeriksa kebenaran teori ini. Para pemeriksa
itu pergi mengunjungi daerah di mana Hajar berada, kemudian kembali membawa
berita gembira kepada kaumnya tentang mata air Zamzam dan keadaan Hajar bersama
puteranya.
4
Segera
sekelompok suku Jurhum itu memindahkan perkhemahannya ke tempat sekitar Zamzam,
di mana kedatangan mereka disambut dengan gembira oleh Hajar kerana adanya
sekelompok suku Jurhum di sekitarnya, ia memperolehi jiran-jiran yang akan
menghilangkan kesunyian dan kesepian yang selama ini dirasakan di dalam
hidupnya berduaan dengan puteranya saja.
Hajar
bersyukur kepada Allah yang dengan rahmatnya telah membuka hati orang-orang itu
cenderung datang meramaikan dan memecahkan kesunyian lembah di mana ia
ditinggalkan sendirian oleh Ibrahim.
3. Ismail Membantu Ayahnya Membangun Kaabah
Nabi Ismail dibesarkan di Makkah (pekarangan Kaabah). Apabila dewasa beliau berkahwin dengan wanita daripada puak Jurhum. Walaupun tinggal di Makkah, Ismail sering dikunjungi bapanya.
Pada
satu ketika, bapanya menerima wahyu daripada Allah supaya membina Kaabah.
Perkara itu disampaikan kepada anaknya. Ismail berkata: “Kerjakanlah apa yang
diperintahkan Tuhanmu kepadamu dan aku akan membantumu dalam pekerjaan mulia
itu.”Ketika membina Kaabah, Nabi Ibrahim berkata kepada Ismail: “Bawakan batu
yang baik kepadaku untuk aku letakkan di satu sudut supaya ia menjadi tanda
kepada manusia.”Kemudian Jibril memberi ilham kepada Ismail supaya mencari batu
hitam untuk diserahkan kepada Nabi Ibrahim.Setiap kali bangun, mereka berdoa:
“Wahai Tuhan kami, terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkau
Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”Bangunan (Kaabah) itu menjadi tinggi dan
Ibrahim makin lemah untuk mengangkat batu. Dia berdiri di satu sudut, kini
dikenali Makam Ibrahim.
Nabi
Ibrahim sering berulang-alik mengunjungi anaknya. Pada satu hari, beliau tiba
di Makkah dan mengunjungi rumah anaknya.Bagaimanapun, Ismail tiada di rumah
ketika itu melainkan isterinya. Isteri Ismail tidak mengenali orang tua itu
adalah bapa Ismail.Apabila Nabi Ibrahim bertanya isteri Nabi Ismail mengenai
suaminya itu, beliau diberitahu anaknya keluar berburu.
5
Seterusnya Nabi Ibrahim bertanya keadaan
mereka berdua. Isterinya berkata: “Kami berada dalam kesempitan.”Nabi Ibrahim
berkata: “Apakah kamu mempunyai jamuan, makanan dan minuman?“ Dijawab isteri
Ismail: “Aku tidak mempunyainya, malah apa pun tiada.”Kelakukan isteri Nabi Ismail
itu tidak manis dipandang Nabi Ibrahim kerana kelihatan tidak reda dengan
pemberian Allah dan jemu untuk hidup bersama suaminya. Malah, dia kelihatan
bersifat kedekut kerana tidak mengalu-alukan kedatangan tetamu.Akhirnya Nabi
Ibrahim berkata kepada isteri anaknya: “Jika suamimu kembali, sampaikanlah
salamku kepadanya dan katakan kepadanya supaya dia menggantikan pintunya.”
Selepas
itu Nabi Ibrahim beredar dari situ. Sejurus kemudian, Nabi Ismail pulang ke
rumah dengan hati gembira kerana dia menganggap tiada perkara tidak diingini
berlaku sepanjang ketiadaannya di rumah. Nabi Ismail bertanya isterinya:
“Apakah ada orang datang menemui kamu?“Isterinya berkata: “Ya, ada orang tua
kunjungi kita.” Ismail berkata: “Apakah dia mewasiatkan sesuatu kepadamu?“ Isterinya
berkata: “Ya, dia menyuruhku menyampaikan salam kepadamu dan memintaku
mengatakan kepadamu supaya menggantikan pintumu.”Ismail berkata: “Dia adalah
bapaku. Sesungguhnya dia menyuruhku supaya menceraikanmu, maka kembalilah
kepada keluargamu.”Selepas menceraikan isterinya, Nabi Ismail berkahwin lain,
kali ini dengan seorang lagi wanita daripada kaum Jurhum. Isteri baru itu
mendapat keredaan bapanya kerana pandai menghormati tetamu, tidak menceritakan
perkara yang menjatuhkan maruah suami dan bersyukur dengan nikmat Allah. Ismail
hidup bersama isteri barunya itu hingga melahirkan beberapa anak.
Nabi
Ismail mempunyai 12 anak lelaki dan seorang anak perempuan yang dikahwinkan
dengan anak saudaranya, iaitu Al-’Ish bin Ishak. Daripada keturunan Nabi Ismail
lahir Nabi Muhammad s.a.w. Keturunan Nabi Ismail juga mewujudkan bangsa Arab
Musta’ribah.
4. Ismail sebagai Qurban
Nabi Ibrahim dari masa ke semasa pergi ke Makkah untuk mengunjungi dan menjenguk Ismail di tempat pengasingannya bagi menghilangkan rasa rindu hatinya kepada puteranya yang ia sayangi serta menenangkan hatinya yang selalu rungsing bila mengenangkan keadaan puteranya bersama ibunya yang ditinggalkan di tempat yang tandus, jauh dari masyarakat kota dan pengaulan umum.
6
Sewaktu Nabi Ismail mencapai usia
remajanya Nabi Ibrahim a.s. mendapat mimpi bahwa ia harus menyembelih Ismail
puteranya. Dan mimpi seorang nabi adalah salah satu dari cara-cara turunnya
wahyu Allah, maka perintah yang diterimanya dalam mimpi itu harus dilaksanakan
oleh Nabi Ibrahim. Ia duduk sejurus termenung memikirkan ujian yang maha berat
yang ia hadapi. Sebagai seorang ayah yang dikurniai seorang putera yang sejak
puluhan tahun diharap-harapkan dan didambakan, seorang putera yang telah
mencapai usia di mana jasa-jasanya sudah dapat dimanfaatkan oleh si ayah,
seorang putera yang diharapkan menjadi pewarisnya dan penyampung kelangsungan
keturunannya, tiba-tiba harus dijadikan qurban dan harus direnggut nyawa oleh
tangan si ayah sendiri.
Namun ia sebagai seorang Nabi, pesuruh Allah dan pembawa agama yang seharusnya
menjadi contoh dan teladan bagi para pengikutnya dalam bertaat kepada Allah,
menjalankan segala perintah-Nya dan menempatkan cintanya kepada Allah di atas
cintanya kepada anak, isteri, harta benda dan lain-lain. Ia harus melaksanakan
perintah Allah yang diwahyukan melalui mimpinya, apa pun yang akan terjadi
sebagai akibat pelaksanaan perintah itu.
Sungguh amat berat ujian yang dihadapi
oleh Nabi Ibrahim, namun sesuai dengan firman Allah yang bermaksud: "Allah
lebih mengetahui di mana dan kepada siapa Dia mengamanatkan risalahnya".
Nabi Ibrahim tidak membuang masa lagi, berazam (niat) tetap akan menyembelih
Nabi Ismail puteranya sebagai qurban sesuai dengan perintah Allah yang telah
diterimanya. Dan berangkatlah serta merta Nabi Ibrahim menuju ke Makkah untuk
menemui dan menyampaikan kepada puteranya apa yang Allah perintahkan.
Nabi Ismail sebagai anak yang soleh
yang sangat taat kepada Allah dan bakti kepada orang tuanya, ketika diberitahu
oleh ayahnya maksud kedatangannya kali ini tanpa ragu-ragu dan berfikir panjang
berkata kepada ayahnya:
"Wahai ayahku! Laksanakanlah apa yang telah
diperintahkan oleh Allah kepadamu. Engkau akan menemuiku insya-Allah sebagai
seorang yang sabar dan patuh kepada perintah.
7
Aku hanya meminta
dalam melaksanakan perintah Allah itu, agar ayah mengikatku kuat-kuat supaya
aku tidak banyak bergerak sehingga menyusahkan ayah, kedua agar menanggalkan
pakaianku supaya tidak terkena darah yang akan menyebabkan berkurangnya
pahalaku dan terharunya ibuku bila melihatnya, ketiga tajamkanlah parangmu dan
percepatkanlah perlaksanaan penyembelihan agar menringankan penderitaan dan
rasa pedihku, keempat dan yang terakhir sampaikanlah salamku kepada ibuku
berikanlah kepadanya pakaian ku ini untuk menjadi penghiburnya dalam kesedihan
dan tanda mata serta kenang-kenangan baginya dari putera tunggalnya."
Kemudian dipeluknyalah Ismail dan
dicium pipinya oleh Nabi Ibrahim seraya berkata: "Bahagialah aku mempunyai
seorang putera yang taat kepada Allah, bakti kepada orang tua yang dengan
ikhlas hati menyerahkan dirinya untuk melaksanakan perintah Allah".
Saat penyembelihan yang mengerikan
telah tiba. Diikatlah kedua tangan dan kaki Ismail, dibaringkanlah ia di atas
lantai, lalu diambillah parang tajam yang sudah tersedia dan sambil
memegang parang di tangannya, kedua mata nabi Ibrahim yang tergenang air
berpindah memandang dari wajah puteranya ke parang yang mengilap di tangannya,
seakan-akan pada masa itu hati beliau menjadi tempat pertarungan antara
perasaan seorang ayah di satu pihak dan kewajiban seorang rasul di satu pihak
yang lain. Pada akhirnya dengan memejamkan matanya, parang diletakkan pada leher Nabi Ismail dan
penyembelihan di lakukan . Akan tetapi apa daya, parang yang sudah demikian
tajamnya itu ternyata menjadi tumpul dileher Nabi Ismail dan tidak dapat
berfungsi sebagaimana mestinya dan sebagaimana diharapkan.
Kejadian tersebut merupakan suatu
mukjizat dari Allah yang menegaskan bahwa perintah perkorbanan Ismail itu hanya
suatu ujian bagi Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sampai sejauh mana cinta dan taat
mereka kepada Allah. Ternyata keduanya telah lulus dalam ujian yang sangat
berat itu.
8
Nabi Ibrahim telah menunjukkan
kesetiaan yang tulus dengan perkorbanan puteranya. untuk berbakti melaksanakan
perintah Allah sedangkan Nabi Ismail tidak sedikit pun ragu atau bimbang dalam
memperagakan kebaktiannya kepada Allah dan kepada orang tuanya dengan
menyerahkan jiwa raganya untuk dikorbankan, sampai-sampai terjadi seketika
merasa bahwa parang itu tidak lut memotong lehernya, berkatalah ia kepada
ayahnya:" Wahai ayahku! Rupa-rupanya engkau tidak sampai hati memotong
leherku karena melihat wajahku, cubalah telangkupkan aku dan laksanakanlah
tugasmu tanpa melihat wajahku. "Akan tetapi parang itu tetap tidak berdaya
mengeluarkan setitik darah pun dari daging Ismail walau ia telah
ditelangkupkan dan dicuba memotong lehernya dari belakang.
Dalam keadaan bingung dan sedih hati,
kerana gagal dalam usahanya menyembelih puteranya, datanglah kepada Nabi
Ibrahim wahyu Allah dengan firmannya: "Wahai Ibrahim! Engkau telah
berhasil melaksanakan mimpimu, demikianlah kami akan membalas orang-orang yang
berbuat kebajikkan". Kemudian sebagai tebusan ganti nyawa, Ismail telah
diselamatkan itu, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim menyembelih seekor kambing yang telah tersedia
di sampingnya dan segera dipotong leher kambing itu oleh beliau dengan parang
yang tumpul di leher puteranya Ismail itu. Dan inilah asal permulaan sunnah
berqurban yang dilakukan oleh umat Islam pada tiap Hari Raya Idul Adha di seluruh pelosok
dunia.
B. Puasa Sunah Idul Adha
Puasa sunah Idul Adha
dikenal dengan istilah puasa hari Arafah. Hari Arafah adalah hari urutan ke
sembilan pada bulan Dzulhijjah dalam hitungan tahun Hijriah. Alasan disebut Hari Arafah,
karena pada hari itu para hujjaj sedang melaksanakan wukuf di
Arafah.
Hari yang
istimewa dan penuh dengan makna. Pendapat termasyhur mengatakan, pada hari
inilah Allah SWT mewahyukan ayat terakhir dari Al-Quran (QS. Al-Maidah,5:4).
Tetapi bagi para hujjaj sendiri, atau orang yang sedang melaksanakan haji,
lebih baik tidak melaksanakan puasa tersebut.
9
Ini adalah
pendapat dari Imam Syafi’i dan jumhur ulama. Salah satu dalilnya adalah hadits
riwayat Ahmad dari Abu Hurairah ra, “Rasulullah Saw.
melarang kita untuk melaksanakan puasa di hari Arafah ketika berada di padang
Arafah.”
Berbeda lagi
menurut pandangan Al-Muwalli, menyatakan kebolehan melakukan puasa Arafah jika
dinilai tidak akan melemahkan diri untuk berdoa. Tidak menjadi halangan untuk
melaksanakan amalan-amalan ibadah haji. Maka lebih baik melaksanakan puasa
Arafah oleh para pelaksana haji tersebut.
Dalam
hadis Abu Dawud, An Nasa, dan Ibnu Khuzaimah,Imam Syafii berkata: disunahkan
berpuasa pada hari Arafah (9 Zulhijah) bagi mereka yang bukan jamaah haji.
Hadis di atas merupakan dalil yang jelas mengenai kewajiban penyatuan Idul Adha
pada hari yang sama secara wajib pada seluruh muslim. Sebab jika disyariatkan
puasa bagi selain jamaah haji pada hari wukuf di Arafah, maka artinya hari
Arafah itu satu adanya.
Sebagian
orang membolehkan perbedaan Idul Adha dengan berlandaskan hadis: berpuasalah
kalian karena telah merukyat hilal ( mengamati bulan sabit), dan berbukalah
kalian (beridul fitri) karena telah merukyat hilal. Dan jika terhalang
pandangan kalian, maka perkirakanlah.
Beristidlal
(menggunakan dalil) dengan hadis ini untuk membolehkan perbedaan hari raya
(termasuk Idul Adha) di antara negeri Islam dan untuk membolehkan pengamalan
ilmu hisab, adalah penggunaan dalil yang tidak tepat .
Ketiga,
andaikata kita terima bahwa hadis tersebut juga berlaku untuk Idul Adha dengan
analogi terhadap Idul Fitri ( padahal qiyas tidak boleh ada dalam perkara
ibadah karena ibadah bersifat tauqifiyah), maka hadis tersebut justru akan
bertentangan dengan hadis Husein ibn al Harits al Jadali ra, bersifat khusus
untuk Idul Adha dan manasik haji.
Dalam
hadis tersebut, Nabi saw memberikan kewenangan kepada amir (wali) Makkah untuk
menetapkan bulan Zulhijah dan waktu manasik haji berdasarkan rukyat penduduk
Makkah (bukan rukyat kaum muslim yang lain di berbagai negeri Islam).
10
Berdasarkan
uraian ini, maka jelaslah bahwa muslim seluruh dunia hakikatnya bisa berhari
raya yang sama, apalagi hari raya Idul Adha. Perbedaan penetapan ini seharusnya
tidak akan terjadi jika semua umat Islam menyadari betapa pentingnya mengikuti
ketentuan yang telah disyariatkan Allah SWT mulai dari elemen masyarakat yang
terendah hingga pada pengambil kebijakan Pemerintah.
1.
Pembatalan Puasa Sunah
Bolehkah seseorang membatalkan puasa sunat?Suatu hari, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam menemui Ummu Hani, lalu Nabi disuguhi minuman. Tetapi Nabi kemudian memberikan kembali minuman itu kepada Ummu Hani. Lalu minuman itu ditolaknya karena dia sedang melaksanakan puasa sunat.
Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Sesungguhnya
orang-orang yang sedang melaksanakan puasa sunat, ibarat raja bagi dirinya
sendiri. Jika kamu mau, kamu boleh berpuasa dan jika memang tidak mau, bolehlah
engkau berbuka.”
Keterangan ini berdasarkan dalil riwayat Imam
Ahmad, Ad-Daruquthni, dan Al-Baihaqy dari Ummu Hani. Hadits lain yang
menguatkan tentang kebolehan membatalkan puasa sunat adalah riwayat dari Imam Bukhari,
Imam Muslim, dan Imam At-Turmudzi dari Abu Juhaifah. Demikian pula hadits yang
diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dari Abu Sa’id dengan sanad hasan.
Dalam pembatalan puasa sunat. Tidak ada dosa
ataupun denda yang akan dibebankan bagi orang yang melaksanakan puasa sunat
lalu membatalkannya. Pelaksana puasa sunat memiliki kebebasan memilih. Baik
melanjutkan puasanya atau segera membatalkannya. Salah satu alasan pembatalan
tersebut biasanya karena kelelahan atau datang undangan jamuan makan.
11
2.
Keutamaan Puasa Sunah
Keutamaan
puasa sunat Idul Adha, yakni Tuhan akan menghapuskan dosanya satu tahun yang
telah berlalu dalam jalan kehidupannya. Kemudian Tuhan pun akan menghapuskan
dosa-dosa yang mungkin saja dilakukan tanpa sengaja pada satu tahun yang akan
dijalani seseorang itu. Sungguh keutamaan yang luar biasa.
Keistimewaan ini berdasarkan pada penjelasan dalil hadits
yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abi Qatadah radhiyallahu anhu.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam. bersabda: “Puasa hari
Arafah dapat menutup dosa-dosa untuk 2 tahun. Setahun yang telah terlewati dan
satu tahun berikutnya (yang akan datang).”
Banyak ragam pendapat ulama dalam menggali makna
dari hadits di atas. Salah satu pendapat itu, penjelasan Al-Mawardi dalam Al-Hawi.
Ulama ini mengatakan, hadits itu memiliki makna bahwasanya Allah SWT. akan
mengampuni dosa-dosa hamba-Nya dalam dua tahun. Sedangkan maksud “satu tahun yang
akan datang”, bermakna bahwa Allah akan memelihara diri hamba itu
dari mengerjakan dosa-dosa pada tahun kedua.
Kita harus menyadari, kewajiban puasa yang ditetapkan Tuhan pasti memiliki rahasia ruhaniah yang amat luhur dan istimewa. Mengandung hikmah-hikmah yang sungguh indah bagi para hamba-Nya yang patuh melaksanakan perintah puasa. Baik puasa wajib di bulan Ramadhan ataupun puasa-puasa sunat.
Kita memang dapat mengetahui rahasia puasa yang terjangkau dengan pendekatan akal atas dasar
keterangan dari Nabi Muhammad. Tetapi masih banyak hal tak terjangkau secara
indrawi. Ingatlah, kita melaksanakan puasa dengan apa yang telah Allah tetapkan
dalam puasa tersebut.Kita menunaikan puasa sesuai dengan kehendak-Nya atas
ibadah puasa yang sedang kita kerjakan, bukan atas selera manusia semata.
Dengan puasa sunat Idul Adha, mari mendekatkan diri kepada-Nya dengan melatih
keimanan hati dan jiwa sosial kita untuk hidup yang lebih baik. Wallahu a’lam.
12
C. Idul Adha
Idul Adha (di Republik Indonesia, Hari Raya Haji, bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika
nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk
mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.
Pada
hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan
melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang, seperti
ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan
hewan kurban, untuk memperingati perintah
Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti
putranya.
Hari
Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah
perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.
Pusat
perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu
yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh
umat Muslim yang sedang naik Haji.
Hari Idul Adha adalah
puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim.Penetapan Hari Idul Adha
Bahwa bila umat Islam meyakini, bahwa pilar dan inti dari ibadah haji adalah wukuf di Arafah, sementara Hari Arafah itu sendiri adalah hari ketika jamaah haji di tanah suci sedang melakukan wukuf di Arafah, sebagaimana sabda Nabi saw.:«اَلْحَجُّ عَرَفَةُ»
Ibadah
haji adalah (wukuf) di Arafah. (HR at-Tirmidzi, Ibn Majah, al-Baihaqi,
ad-Daruquthni, Ahmad, dan al-Hakim. Al-Hakim berkomentar, “Hadits ini sahih,
sekalipun beliau berdua [Bukhari-Muslim] tidak mengeluarkannya”).
13
Dalam
hadits yang dituturkan oleh Husain bin al-Harits al-Jadali berkata, bahwa amir
Makkah pernah menyampaikan khutbah, kemudian berkata:
«عَهِدَ إِلَيْنَا
رَسُولُ
اللهِ
e أَنْ
نَنْسُكَ لِلرُّؤْيَةِ فَإِنْ لَمْ نَرَهُ وَشَهِدَ شَاهِدَا عَدْلٍ نَسَكْنَا بِشَهَادَتِهِمَا»
Rasulullah
saw. telah berpesan kepada kami agar kami menunaikan ibadah haji berdasarkan
ru’yat (hilal Dzulhijjah). Jika kami tidak bisa menyaksikannya, kemudian ada
dua saksi adil (yang menyaksikannya), maka kami harus mengerjakan manasik
berdasarkan kesaksian mereka. (HR Abu Dawud, al-Baihaqi dan ad-Daruquthni.
Ad-Daruquthni berkomentar, “Hadits ini isnadnya bersambung, dan sahih.”).
Hadits
ini menjelaskan: Pertama, bahwa pelaksanaan ibadah haji harus didasarkan kepada
hasil ru’yat hilal 1 Dzulhijjah, sehingga kapan wukuf dan Idul Adhanya bisa
ditetapkan. Kedua, pesan Nabi kepada amir Makkah, sebagai penguasa wilayah,
tempat di mana perhelatan haji dilaksanakan, untuk melakukan ru’yat; jika tidak
berhasil, maka ru’yat orang lain, yang menyatakan kesaksiannya kepada amir Makkah.
D. Qurban
Qurban adalah salah satu ibadah dengan cara
menyembelih hewan yang harus dilaksanakan oleh kaum muslimin yang memiliki
kemampuan dari sisi harta pada hari raya idul Adha. Hewan-hewan yang disembelih
bisa kambing, sapi, kerbau, maupun unta.
Ayat dalam Al Qur'an
tentang ritual kurban antara lain : surat Al Kautsar ayat 2: Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan
berkurbanlah (anhar). Sementara hadits yang berkaitan dengan kurban
antara lain: “Siapa yang mendapati
dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia
mendekati tempat shalat Ied kami.” (HR. Ahmad dan ibn Majah).
Hadits Zaid ibn
Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai
Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah
sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang
kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai
rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”
Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” HR.
Ahmad dan ibn Majah
14
“Jika masuk tanggal
10 Dzul Hijjah dan ada salah seorang diantara kalian yang ingin berqurban, maka
hendaklah ia tidak cukur atau memotong kukunya.” HR. Muslim
“Kami berqurban
bersama Nabi SAW di Hudaibiyah, satu unta untuk tujuh orang, satu sapi untuk
tujuh orang. “ HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi.
Berkurban merupakan salah satu syiar islam, disebutkan dalam kitab Jawahirul Iklil syarh Mukhtashar Kholil, bahwa apabila penduduk satu negeri meninggalkannya maka mereka diperangi karena kurban termasuk syiar islam (Rasail Fiqhiyyah oleh Syaikh Utsaimin: 46).
Para ulama telah berselisih mengenai hukumnya menjadi dua kelompok :
1-Bahwa hukumnya wajib, pendapat ini diambil oleh Imam Auzai, Allaits, Abu Hanifah, dan salah satu riwayat Imam Ahmad, juga merupakan pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, dan merupakan salah satu pendapat dalam madzhab Malik atau secara dhohirnya pendapat Malik. Yang mengambil pendapat ini berdalilkan dengan :
• Firman Allah Taalaa :
( فصل لربك وانحر)(الكوثر
Artinya: (Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan
berkorbanlah)[QS Al-Kautsar:2]Ayat ini menggunakan kata kerja perintah (inhar), dan perintah pada dasarnya bermakna wajib, kecuali ada yang memalingkan dari wajib menjadi dunah maupun mubah. Demikian menurut ahli usul fikih.
• Hadits Jundab radhiyallahu anhu dalam kitab Shahihain dan lainnya berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: (barangsiapa yang menyembelih kurbannya sebelum sholat maka hendaklah menggantinya dengan yang lain, dan barangsiapa yang belum menyembelih maka hendaklah dia menyembelih dengan nama Allah) HR Imam Muslim : 3621.
15
•
Sabda Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam: (barang
siapa yang memiliki kelapangan namun tidak berkurban maka jangan sekali-kali
mendekati tempat sholat kami) HR Ahmad dan Ibnu Majah dan
dishahihkan oleh Al Hakim dari haditsnya Abu Hurairah radhiyallahu anhu,
dikatakan dalam Fathul Bari para perawinya tsiqoh.2- Bahwa hukumnya sunah muakkadah, ini pendapat Jumhur Ulama yaitu madzhab Syafie, Malik dan Ahmad dalam pendapatnya yang masyhur, akan tetapi kebanyakan yang mengambil pendapat ini mengatakan bahwa bagi yang mampu makruh hukumnya meninggalkannya. Sedangkan dalil-dalil pendapat ini adalah:
• Hadits Jabir radhiyallahu anhu dalam sunan Abu Dawud dimana dia berkata: Aku sholat Idul Adha bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu ketika selesai didatangkan dua ekor domba lalu beliau menyembelihnya dengan mengucapkan:
بسم الله والله أكبر ، اللهم هذا عني وعمن لم يضح من أمتي
Artinya: (Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya
Allah ini dariku dan dari siapa saja yang belum berkurban dari umatku).
(Sunan Abu Dawud dengan syarah Muhammad Syamsul Haqq Abadi) (7/ 486).• Riwayat Jamaah kecuali Imam Bukhari dalam hadits: (Barangsiapa diantara kalian ingin berkurban maka janganlah mengambil dari rambut dan kukunya).
Syaikh Utsaimin rahimahullah setelah menyampaikan dalil-dalil yang mewajibkan maupun yang sunah muakkadah, bahwa dalil-dalilnya hampir sama kuat, maka sebaiknya menempuh jalan ikhtiyath (hati-hati) sebaiknya tidak meninggalkannya ketika mampu karena merupakan bentuk pengagungan kepada Allah dan mengingat-Nya dan melepaskan beban dengan yakin. (Rasail Fiqhiyyah: 50).
16
2.
Berkurban
untuk yang sudah meninggal
Pada dasarnya berkurban pada waktu yang ditetapkan
disyariatkan kepada orang yang masih hidup untuk dirinya sendiri dan
keluarganya, namun dia boleh mensedekahkan sebagian pahalanya kepada siapa saja
yang masih hidup maupun sudah meninggal karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika berkurban
beliau mengucapkan: (Ya Allah, ini dari Muhammad dan keluarga Muhammad), yang
secara otomatis termasuk anggota keluarga beliau yang sudah meninggal.
Adapun
orang yang sudah meninggal apabila dia telah berwasiat dari sepertiga hartanya
atau menjadikannya sebagai waqaf maka wajib dilaksanakan.
Namun
apabila dia belum sempat berwasiat atau mewaqafkan dan seseorang ingin
berkurban untuk orang meninggal yang dikehendakinya maka itu baik menurut
sebagian ulama termasuk dari kalangan madzhab Hambali, dan dianggap sebagai
sedekah untuk yang sudah mati, akan tetapi sunahnya setiap orang
mengikutsertakan keluarganya yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dalam
kurbannya dan ketika menyembelihnya mengucapkan:
اللهم هذا عني وعن آل بيتي
Jadi orang yang sudah meninggal tidak perlu
dikhususkan udhiyyahnya sendiri.
Para
ulama telah bersepakat bahwa menyembelih kurban dan mensedekahkan dagingnya
lebih utama dari pada sedekah dengan uang yang senilai dengannya atau lebih
dari itu karena Rasulullah shallawahu
alaihi wasallam berkurban dan tidak pernah melakukan kecuali yang
lebih utama dan lebih baik, dan itu madzhab Imam Abu Hanifah, Syafie dan Ahmad rahimahumullah.
3. Syarat -
Syarat Berkurban
1- Umurnya sudah mencukupi, untuk domba
adalah enam bulan, dan kambing setahun, sedangkan sapi dua tahun dan unta lima
tahun.
17
2- Selamat dari aib dan
cacat, berdasarkan sabda Rasulullah shallawahu alihi wasallam: (Ada tiga hal yang tidak diperbolehkan dalam
berkurban, yang buta jelas kebutaannya, yang sakit jelas sakitnya, yang pincang
jelas pincangnya, yang kurus yang tidak kelihatan dagingnya)
Shahih, (Lihat Shahihul Jami: 886).Ada juga cacat yang lebih ringan dari yang ini yang tidak menghalangi keabsahannya namun makruh disembelih seperti yang patah tanduknya atau putus telinganya, atau terbelah telinganya dan lain-lain, karena berkurban adalah taqarrub kepada Allah, sedangkan Allah itu bagus dan tidak menerima kecuali yang bagus, dan barangsiapa yang mengagungkan syiar-syiar Islam maka itu merupakan ketakwaan hati.
3- Haram menjualnya: apabila hewan kurban telah ditentukan maka tidak boleh menjualnya atau menghadiahkannya kecuali menggantinya dengan yang lebih baik, jika hewan kurban beranak maka dikurbankan bersama anaknya, sebagaimana diperbolehkan menaikinya jika perlu, dan dalilnya adalah yang dikeluarkan Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melihat seorang laki yang menuntun seekor unta lalu beliau berkata : (Naikilah dia, dia berkata: dia unta kurban, lalu beliau berkata: naikilah dia sampai kedua atau tiga kalinya).
4- Menyembelihnya diwaktu yang ditentukan, yaitu setelah sholat Idul Adha dan khutbah, bukan setelah masuk waktu sholat, sampai sebelum terbenamnya matahari akhir hari Tasyriq yaitu hari ketiga belas bulan Dzul Hijjah berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: (barangsiapa yang menyembelih sebelum sholat maka hendaklah mengulanginya) HR Imam Bukhari dan Muslim, juga berdasarkan perkataan Ali radhiyallahu anhu: (hari-hari menyembelih adalah hari Idul Adha dan tiga hari sesudahnya) dan ini madzhab Hasan Al-Bashri, Atha bin Abi Rabah, Auzai, dan Syafiie, dan dipilih Ibnu Mundzir semoga Allah Merahmati mereka semua.
18
4. Hadis Tentang Berkurban
Hadis riwayat Uqbah bin Amir ra.:
Bahwa
Rasulullah saw. memberinya kambing-kambing untuk dibagikan kepada para sahabat
sebagai kurban. Lalu tinggallah seekor anak kambing kacang. Uqbah melaporkannya
kepada Rasulullah saw. maka beliau bersabda: Sembelihlah itu olehmu! Perkataan
Qutaibah kepada kawannya. (Shahih Muslim No.3633)
Hadis riwayat Ali bin Abu Thalib ra.:
Dari
Abu Ubaid, ia berkata: Aku pernah salat Idul Adha bersama Ali bin Abu Thalib
ra. Beliau memulai dengan salat terlebih dulu sebelum khutbah dan beliau
berkata: Sesungguhnya Rasulullah saw. melarang kami makan daging kurban sesudah
tiga hari. (Shahih Muslim No.3639)
Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:
Dari
Nabi saw., beliau bersabda: Seseorang tidak boleh makan daging kurbannya lebih
dari tiga hari. (Shahih Muslim No.3641)
Setelah
ummat Islam makmur, Nabi menghapus larangan di atas:
Hadis riwayat Jabir bin Abdullah ra.:
Dari
Nabi saw. beliau melarang makan daging kurban sesudah tiga hari. Sesudah itu
beliau bersabda: Makanlah, berbekal dan simpanlah. (Shahih Muslim No.3644)
19
Hadis riwayat Salamah bin Akwa` ra.:
Bahwa
Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa di antara kalian menyembelih kurban,
maka janganlah ia menyisakan sedikitpun di rumahnya sesudah tiga hari. Pada
tahun berikutnya, orang-orang bertanya: Wahai Rasulullah, apakah kami harus
berbuat seperti tahun lalu? Rasulullah saw. menjawab: Tidak! Tahun itu (tahun
lalu) kaum muslimin masih banyak yang kekurangan. Jadi aku ingin daging kurban
itu merata pada mereka. (Shahih Muslim No.3648)
Hadis riwayat Rafi` bin Khadij ra., ia
berkata:
Saya
berkata kepada Rasulullah saw.: Wahai Rasulullah, kami akan bertemu musuh besok
sedangkan kami tidak mempunyai pisau. Rasulullah saw. bersabda: Segerakanlah
atau sembelihlah dengan apa saja yang dapat menumpahkan darah dan sebutlah nama
Allah, maka engkau boleh memakannya selama alat itu bukan gigi dan kuku. Akan
kuberitahukan kepadamu: Adapun gigi maka itu adalah termasuk tulang sedangkan
kuku adalah pisau orang Habasyah. Kemudian kami mendapatkan rampasan perang
berupa unta dan kambing. Lalu ada seekor unta melarikan diri. Seseorang
melepaskan panah ke arah unta itu sehingga unta itupun tertahan. Rasulullah
saw. bersabda: Memang unta itu ada juga yang liar seperti binatang-binatang
lain karena itu apabila kalian mengalami keadaan demikian, maka kalian dapat bertindak
seperti tadi. (Shahih Muslim No.3638)
Menyembelih
unta dalam keadaan berdiri dan terikat
“..Dan
telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syi’ar Allah, kamu
memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika
kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat)…” [Al Hajj 36]
Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:
Bahwa
ia menghampiri seorang lelaki yang sedang menyembelih untanya dalam keadaan
menderum lalu ia (Ibnu Umar) berkata: Bangunkanlah agar dalam keadaan berdiri
dan terikat karena demikianlah sunah
No comments:
Post a Comment